Senin, 15 November 2010

Puding Cantik saus gula merah


 Mau buat tampilan puding seperti Puding Mozaik Bunda Nadifha...Puding Mozaik Nan cantik tapi karena pemakaian agar-agar kacanya yang banyak, jadinya komposisi puding putih yang harusnya lebih banyak, jadi sama dengan puding kacanya..jadinya ga jadi puding mozaik..tapi tetep cantik:) hehe seharusnya penggunaan agar-agar merah dan hijau masing2 1/2 bungkus, tapi karena pengen buat banyak dan agar-agar bubuk putihnya 1 bungkus..hehe komposisi semuanya jadi sama-sama 1 bungkus:)

dengan paduan saus gula merah yang legit banget rasanya and pudingnya yang seger, ada rasa strawberry dan melonnya...jadinya double segeurr:)
ihihi ceritanya lebih buruk lagi ternyata..gara-gara suami yang nyuruh belajar melulu, sampe lupa..ternyata saya belum masukin agar-agar bubuk putih dalam didihan puding putihnya, habisnya lupa n ga kelihatan karena susu udah masuk duluan, pas dicetak dan didinginkan..lho pas ditungguin kok ga mengeras sama sekali ya...ternyata lupa masukin agar-agar bubuk. Agar-agar bubuknya masih trtinggal di kulkas:) padahal udah masuk cetakan...jadinya idsaring lagi agar-agar kaca merah dan hijaunya,  dan dididihkan lagi puding putihnya...Hiks..puding cantik pelupa..:)

Bahan membuat:

1 bungkus agarasa strawberry
1 bungkus agarasa melon
8 gelas air/1600 ml air (800 ml untuk masing-masinga agar-agar
400 gr gula pasir (200 gr untuk masing-masing agar-agar) tambahkan sesuai selera gulanya kalo ingin lebih manis tentunya:)

Puding Putih:
1 bungkus agarasa plain
800ml susu cair (bisa gunain air+susu kental manis)
250 gr gula pasir

cara membuat:
  1. campur agarasa strawberry,800 ml air dan gula pasir lalu didihkan, angkat dan dinginkan hingga beku
  2. lakukan hal yang sama untuk agarasa melon, campur agr-agar bubuk melon, 800 ml air, gula pasir, didihkan, angkat dan dinginkan hingga beku.
  3. Serut agar-agar warna dengan sendok, kemudian susun dalam gelas, loyang agar-agar
  4. sementara itu campur agar-agar putih bubuk, susu cair dan gula pasir, didihkan sambil diaduk. angkat dan tuang dalam cetakan yang telah disiapkan agar-agar merah dan hijau yang telah ditata.
Bahan membuat saus:
500 ml santan
150 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
1 butir kuning telur
50 gr gula merah disisir (sesuai selera)
larutan 2 sendok air dan 2sdt  maizema

Cara membuat:
  1. didihkan santan, susu bubuk, gula pasir, dan gula merah,kemudian ambil 1 sendok sayur santan yang sedang didihkan dan aduk dalam wadah mangkuk yang berisi kocokan lepas kuning telur
  2. masukkan gula merah yang telah disisir, terus aduk pelan-pelan ari awal pembatan saus hingga akhir, agar santan tidak pecah
  3. tambahkan larutan maizena, aduk-aduk, jika sudah mendidih dan mengental, angkat dan siap disajikan (hehe tapi masih panas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...